Vocal Technique, voice exercises, Vocal lessons, singing lessons, pitching, singing, vocal range, vocalist, olah vocal, les vocal, latihan menyanyi, belajar nyanyi, latihan vocal, latihan pernafasan, diafragma, vocalis, menghindari fals, pita suara, nada fals, vibrato.

Sunday, April 13, 2008

Pemanasan Sebelum Manggung

vokal adalah instrumen yang sangat unik, dan instrumen vokal bukan cuma pita suara lo aja, tapi termasuk diafragma, lidah, juga resonance bodynya adalah muka.

hati2 memperlakukan vokal lo. suara metal boleh2 aja asal kita sadar betul bahwa itu hanyalah efek. banyak penyanyi rock yang harus operasi karena timbul nodal di tenggorokannya.

nodal adalah daging yang tumbuh akibat resistance terhadap paksaan. jadi kalo lo nyanyi dipaksa terus-menerus, bisa tumbuh nodal.

jadi pemanasan itu penting, bukan biar suara lo bagus aja, tapi buat keselamatan vokal lo. karena vokal lo adalah asset yang sangat berharga pemberian Tuhan.

cara pemanasan yang simple, nyanyi aja pelan2 major scale (do re mi dst.) naik turun. atau hanya naik ke 5th (sol) turun lagi. jangan pernah paksain sampe tinggi2, nanti kalo suara udah panas, rangenya otomatis bakal nambah sendiri.

untuk pemanasan diafragm, nyanyi do re mi re do, dengan "HO" jadi ho ho ho ho ho dan rasakan bagaimana diafragm lo memberi penekanan untuk power.

2 comments:

aby yang katanya rocker said...

wah artikelnya keren2 nih , , , ,
kebetulan banget gw lagi mau belajar vocal nih , , , ,dan ternyta susah gampang ya mengasah vocal itu , , ,

semuanya udah lengkep disini hehehehe
thanks , , ,

Arifudin Sugiono said...

sangat memberikan pengetahuan baru khususnya dibidang tarik suara or olah vocal ^_^

Nagaya_mpu.com

Vote Untuk Blog Ini

Top Blogs